Menghitung Volume Pekerjaan Perlengkapan Pintu Dan Jendela

[RAB] Perlengakapan pintu dan jendela tidak kalah pentingnya dengan elemen-elemen material lainnya. Oleh karena itu dalam pemilihan bahan dimulai dari desain maupun kualitas bahannya.

a. Kunci pintu

Kunci pintu berfungsi sebagai sistem keamanan dan penambha asesoris keindahan pada pintu. Sebaiknya kunci yang berhubungan dengan ruang luar memakai kunci yang memiliki sistem dua slaag (putaran), karena drai segi keamanan cukup baik. Satuan untuk menghitung kunci adalah dengan cara menghitung jumlah dan jenis yang ada pada daun pintu.

b. Engsel pintu dan jendela

Engsel pintu berfungsi untuk menggantungkan daun pintu pada rangka kusen dan memudahkan orang membuka atau menutup pintu. Biasanya Engsel pintu dipasang sebanyak dua buah disetiap daun pintu atau jendela. Akan tetapi untuk daun pintu agar tidak melenting sebaiknya setiap daun pintu dipasang tiga buah engsel pintu.

c. Grendel pintu dan jendela

Grendel pintu biasanya dipasang pada bagian daun pintu paling bawah yang berhubungan dengan lantai dan bagian pintu paling atas yang berhubungan dengan kusen atas.

Fungsi grendel pintu sebagai penehan daun pintu sebelahnya dan sebagai sistem keamanan tambahan. Grendel dipasang dapat dipasang sesuai dengan kebutuhan kemudian dikalikan dengan jmlah pintu atau jendela yang ada.

d. Hak angin jendela

Hak angin jendela adalah asesoris jendela yang biasanya dipasang pada bagian daun jendela yang paling bawah atau samping tergantung sistem bukaan jendela. Fungsinya sebagai penyangga daun jendela. Cara menghitung volume sesuai dengan pola bukaan yang kemudian dikalikan dengan jumlah jendela yang ada.

e. Tarikan jendela

Tarikan Jendela adalah asesoris jendela yang dipasang pada bagian daun jendela paling bawah atau samping, tergantung sistem bukaannya. Biasanya setiap jendela cukup dipasang 1 buah.

f. Kaca polos

Kaca adalah pelengkap daun jendela yang biasanya untuk mengisi bingkai daun jendela. Adanya kaca menyebabkan sinar dari luar masih tetap masuk kedalam ruangan. Untuk kaca 3mm biasanya dipasang untuk jendela dengan luasan dibawah 1 m2, sedangkan untuk daun jendela yang melebihi luasan 1 m2 diharuskan memakai kaca yang mempunyai ketebalan 5 mm.


Baca cara menghitung volume:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghitung Volume Pekerjaan Perlengkapan Pintu Dan Jendela"

Post a Comment