Manajemen Peralatan

Manajemen Peralatan merupakan salah satu bagian dari unsur-unsur manajemen secara menyeluruh dalam kaitannya dengan pengertian manajemen, yaitu: pencapaian tujuan melalui orang lain,dilengkapi unsur-unsur uang (money), mesin atau peralatan (machine), serta bahan (material), yang tergabung bersama-sama dalam proses pencapaian sasarannya berdasarkan metode pelaksanaan yang digariskan (method).

Jadi di sini Manajemen Peralatan dapat diartikan sebagai atau dalam wujud pengelolaan peralatan dalam usaha pencapaian sasaran manajemen secara keseluruhan sebagai induknya.

Untuk bidang Jalan dan Jembatan, misalnya pembangunan baru jalan dan jembatan, maka proyek pembangunan itu merupakan satu kesatuan proses manajemen secara menyeluruh, yang di dalamnya ada unsur-unsur manajemen personalia (man), manajemen keuangan yang menyangkut pembiayaan (money), manajemen peralatan (machine), material, dan dilandasi dengan tata cara atau metoda pelaksanaan proyek baik yang teknis maupun non teknis.

Manajemen Peralatan

Manajemen Peralatan tidak hanya meliputi bagaimana cara mengatur peralatan atau mengelola peralatan untuk melaksanakan pekerjaan saja, melainkan manajemen peralatan atau proses manajemen peralatan sudah dimulai sejak peralatan direncanakan untuk disediakan/diadakan untuk menangani suatu pekerjaan sampai peralatan tadi tidak ada lagi atau dihapus dari inventarisasi.
Jadi Manajemen Peralatan dapat diartikan sebagai proses pengelolaan peralatan sejak peralatan direncanakan pengadaannya, sampai peralatan tersebut dihapus.

Tahapan proses kegiatan dalam manajemen peralatan secara garis besarnya meliputi kegiatan-kegiatan : 
Perencanaan Pengadaan
Pengoperasian
Pemeliharaan dan Perbaikan
Penghapusan
Kegiatan khusus yang menunjang semua kegiatan-kegiatan di atas adalah kegiatan pencatatan data inventarisasi peralatan dan pencatatan data riwayat peralatan.

Pencatatan inventarisasi peralatan ini penting karena peralatan adalah aset atau modal kekayaan perusahaan, sedangkan pencatatan data riwayat peralatan diperlukan sebagai data penunjang dalam monitoring sebagai bahan untuk evaluasi peralatan. Kegiatan ini biasa disebut sebagai kegiatan Pengendalian.

Jadi data-data yang diperoleh sebagai hasil monitoring serta data hasil evaluasi peralatan diatas serta dilengkapi data inventarisasi peralatan sangat berguna dalam menunjang kegiatan-kegiatan perencanaan pengadaan peralatan, pengoperasian peralatan, pemeliharaan dan perbaikan peralatan, serta kegiatan penghapusan.

Pengenalan peralatan

Untuk dapat memberikan hasil yang baik dalam manajemen peralatan, maka setiap individu yang terkait dalam setiap kegiatan dalam proses manajemen peralatan dituntut untuk semaksimal mungkin mengenal peralatan yang ditangani.

Mengenal jenis-jenis peralatan serta fungsinya atau kegunaannya disamping cara kerjanya, namun tidak perlu sampai harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya (kecuali operator).

Merencanakan kebutuhan peralatan tidak mungkin akan memberikan hasil yang baik apabila tidak mengenal betul jenis-jenis peralatan serta fungsi/kegunaannya, padahal keberhasilan pekerjaan berawal dari perencanaan kebutuhan dan perencanaan pengadaan peralatan. Kita semua tahu bahwa tujuan penggunaan peralatan adalah untuk pencapaian sasaran pekerjaan sesuai dengan persyaratan mutu, waktu dan biaya yang telah ditentukan.

Peralatan sesuai dengan jenis/macam kegiatannya dapat dikelompokkan sebagai berikut :
Jenis kegiatan Peralatan
Pemindahan Tanah (Earth moving) Bulldozer
Loader
Motor Grader
Excavator
Pemadatan (Compacting) 3 Wheel Roller
Tandem Roller
Vibrating Compactor
Pedestrian Roller
Vibrating Tamper
Vibrating Rammer
Pneumatic Tyre Roller
Pengangkutan (Hauling) Dump Truck
Motor Scraper
Agitator Truck
Penghamparan (Paving/Spreading) Asphalt Finisher
Concrete Finisher
Aggregate/Chip Spreader
Asphalt Sprayer/Asphalt Distributor
Peralatan Produksi (Plant) Stone Crushing Plant
Asphalt Mixing Plant
Concrete Plant
Pengeboran (Drilling) Percussion Drill
Bore Pile
Hammer Drill
Pemancangan (Piling) Pile Hammer
Alat Angkat (Lifting) Crane
Forklift
Lift Platform
Transportasi (Transportation) Truck
Trailer
Jeep
Pick Up
Bus
Alat Pemotong (Cutting) Asphalt/Concrete Cutter
Milling Machine
Soil Stabilizer
Groving Equipment
Peralatan Bantu (Supporting Equipment) Water Tank Truck
Fuel Tank Truck
Air Compressor
Generating Set
Water Pump
Pengeruk Lumpur (Dredging) Dredger
Dragline Crane
Clam Shell Crane

Bagan Alir Manajemen Peralatan

Manajemen Peralatan
Dalam bagan di atas digambarkan bahwa Pengendalian Peralatan seolah-olah sebagai pusat kegiatan dalam proses manajemen peralatan, namun sebenarnya tidak berarti demikian.

Pengendalian peralatan yang di dalamnya berisi data informasi mengenai peralatan akan selalu dibutuhkan bagi setiap pelaksanaan kegiatan yaitu kegiatan perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan dan perbaikan, serta kegiatan penghapusan. Sebaliknya segala informasi data dari setiap kegiatan harus dicatat dan dilaporkan ke pengendalian peralatan, sehingga data mengenai peralatan yang tercatat di pengendalian peralatan akan selalu mutakhir atau up to date.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen Peralatan"

Post a Comment