Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil
Contoh Proyek Teknik Sipil
Dalam sejarah disiplin ilmu teknik, Teknik Sipil merupakan disiplin ilmu teknik yang paling lama dan meliputi banyak spesialisasi. Teknik Sipil merupakan sebuah ilmu terapan yang mengaplikasikan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki suatu konstruksi bangunan. Konstruksi bangunan tersebut sangat beragam, mulai dari bangunan rumah sederhana dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, sarana dan prasarana transportasi, jalan raya, bandara, jembatan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi energi. Semua itu adalah karya-karya teknik sipil.

Bidang Keahlian

Rekayasa Struktur

Rekayasa Struktur mempelajari sifat-sifat material yang digunakan untuk pembangunan seperti baja, beton, kayu, atau bahan lainnya. Sehingga pada akhirnya dapat dipilih material mana yang cocok untuk jenis bangunan tersebut. Dalam bidang ini dipelajari lebih mendalam hal yang berkaitan dengan perencanaan struktur bangunan, jalan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi hingga bangunan siap digunakan.

Rekayasa Geoteknik

Cabang yang mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Cakupannya dapat berupa investigasi lapangan yang merupakan penyelidikan keadaan-keadaan tanah suatu daerah, penyelidikan laboratorium serta perencanaan konstruksi tanah dan batuan, seperti: timbunan (embankment), galian (excavation), terowongan tanah lunak (soft soil tunnel), terowongan batuan (rock/mountain tunnel), bendungan tanah/batuan (earth dam, rock fill dam), dan lain-lain.

Teknik Sumber Daya Air

Cabang yang mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Mencakup bidang ini antara lain cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal.

Rekayasa Transportasi

Cabang yang mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Mencakup bidang ini antara lain konstruksi dan pengaturan jalan raya, konstruksi bandar udara, terminal, stasiun dan manajemennya.

Manajemen dan Rekayasa Konstruksi

Cabang yang mempelajari masalah dalam proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek, semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

Teknologi Pengelolaan Lingkungan

Cabang yang mempelajari permasalahan-permasalahan dan isu lingkungan. Mencakup bidang ini antara lain penyediaan sarana dan prasarana air besih, pengelolaan limbah dan air kotor, pencemaran sungai, polusi suara dan udara hingga teknik penyehatan.

Kemampuan yang Perlu Dikuasai

  • Memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dasar, matematika, dan prinsip-prinsip rekayasa yang dimiliki untuk memahami, merumuskan, dan memecahkan masalah-masalah ketekniksipilan dalam kehidupan masyarakat. 
  • Memiliki wawasan dan kemampuan untuk melengkapi, memperkuat, dan memperkaya kompetensi dasar bidang teknik sipil yang telah dimiliki sehingga dapat bekerja secara efektif dalam suatu tim yang multi disiplin dan multi budaya. 
  • Memiliki pemahaman dan komitmen terhadap tanggung jawab profesional dan tanggung jawab etika. 
  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tulisan, dengan lulusan teknik lain, dengan pimpinan, dan dengan masyarakat luas dalam skala nasional dan internasional. 
  • Memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap aspek keamanan, keselamatan, lingkungan, dan sosial budaya. 
  • Memiliki kesadaran dan berkemampuan melakukan pendidikan seumur hayat dan menumbuhkan daya kreasi dan inovasi yang tinggi. 
  • Memiliki pemahaman terhadap operasi bisnis, hubungan bisnis dan kewirausahaan. 
  • Memiliki wawasan tentang keprofesian teknik sipil dan isu-isu terkini. 
  • Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan kegiatan eksperimental sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku. 
  • Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan untuk keperluan teknik sipil secara praktis. 

Apa Software yang Perlu Dikuasai?

Lulusan Teknik Sipil juga harus membekali diri dengan penguasaan software, ketrampilan dalam penggunaan software pendukung (selain software dasar produk Microsoft) merupakan modal penting dalam menunjang karir. Software yang sering digunakan antara lain: AutoCad, SAP2000, LDD, ETABS, STAAD Pro, Midas Civil, Microsoft Project, Primavera Project Planner. Goolge Sketchup, 3d Studio max, Tekla, dll.

Tenaga Ahli

Ahli Teknik Bangunan Gedung

Ahli Teknik Bangunan Gedung adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan struktur bangunan gedung yang menguasai bangunan gedung.

Ahli Teknik Jalan

Ahli Teknik Jalan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang geometri dan struktur jalan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan.

Ahli Teknik Jembatan

Ahli Teknik Jembatan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur jembatan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jembatan.

Ahli Keselamatan Jalan

Ahli Keselamatan Jalan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang, dan menilai seluruh aspek keselamatan jalan.

Ahli Teknik Terowongan

Ahli Teknik Terowongan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur terowongan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi terowongan.

Ahli Teknik Landasan Terbang

Ahli Teknik Landasan Terbang adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk geometri dan struktur landasan terbang, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi landasan terbang.

Ahli Teknik Jalan Rel 

Ahli Teknik Jalan Rel adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang geometri dan struktur jalan rel, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi jalan rel.

Ahli Teknik Dermaga

Ahli Teknik Dermaga adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur dermaga, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi dermaga dan melakukan pengawasan pekerjaan dermaga.

Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai

Ahli Teknik Bangunan Lepas Pantai adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bangunan lepas pantai, melaksanakan konstruksi bangunan lepas pantai.

Ahli Teknik Bendungan Besar

Ahli Teknik Bendungan Besar adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang bentuk dan struktur bendungan besar, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan konstruksi bendungan besar.

Ahli Sumber Daya Air 

Ahli Sumber Daya Air adalah ahli yang memiliki kompetensi subklasifikasi Ahli Pengembangan Wilayah sungai, Ahli Sungai dan Danau, Ahli Bendung dan Bendungan, Ahli Irigrasi dan Drainase Lahan, Ahli Rawa, Ahli Drainase Perkotaan dan Permukiman, Ahli Pantai dan Pelabuhan serta Ahli Tenaga Air.

Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan

Ahli Teknik Pembongkaran Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi merancang pembongkaran bangunan gedung sesuai kondisi lingkungan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pembongkaran bangunan.

Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan 

Ahli Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan dan mengawasi pekerjaan pemeliharaan dan perawatan bangunan.

Ahli Geoteknik

Ahli Geoteknik adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pengukuran dan uji kekuatan daya dukung tanah dan menilai jenis-jenis tanah pada lokasi yang akan didirikan bangunan.

Ahli Geodesi

Ahli Teknik Geodesi adalah ahli yang memiliki kompetensi melaksanakan pemetaan tanah dan atau laut dengan metoda teristis, fotogrameris, remote sensing maupun GPS yang diperlukan sebagai dasar merancang bangunan dan atau wilayah tertentu.

Prospek Kerja 

Bekerja di Bidang Pembangunan Infrastruktur

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat berprofesi sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan. Peluang lainnya adalah bekerja sebagai pegawai dalam bidang pengaturan dan kebijakan di instansi pemerintahan, seperti di Departemen dan Dinas PU, Bapenas, Bapeda dll.

Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan

Berbagai perusahaan di lingkungan industri migas, pertambangan, pengolahan seperti Pertamina, Schlumberger, PLN, Freeport, INCO, Pupuk Kaltim dll. membutuhkan sarjana Teknik Sipil untuk menyediakan dan memelihara berbagai bangunan dan fasilitas produksi.

Bidang Pendidikan

Seorang lulusan Teknik Sipil dapat menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.

Bidang lainnya

Para lulusan program studi Teknik Sipil juga mempunyai kemampuan yang cukup bersaing untuk bekerja di berbagai bidang non-keteknikan, seperti perbankan dan asuransi, atau berkarier di birokrasi pemerintahan atau bisnis di bidang-bidang lainnya.

Jurusan Teknik Sipil dengan Akreditasi A

Perguruan Tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Sipil dengan Akreditasi A:
  • Institut Pertanian Bogor, Bogor 
  • Institut Teknologi Bandung, Bandung 
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya 
  • Universitas Andalas, Padang 
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Sleman 
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta 
  • Universitas Brawijaya, Malang 
  • Universitas Diponegoro, Semarang 
  • Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta 
  • Universitas Gunadarma, Depok 
  • Universitas Hasanuddin, Makassar 
  • Universitas Indonesia, Jakarta 
  • Universitas Islam Indonesia, Sleman 
  • Universitas Katolik Parahyangan, Bandung 
  • Universitas Kristen Petra, Surabaya 
  • Universitas Lampung, Bandar Lampung 
  • Universitas Mercu Buana, Jakarta 
  • Universitas Pelita Harapan, Jakarta 
  • Universitas Sam Ratulangi, Manado 
  • Universitas Sebelas Maret, Surakarta 
  • Universitas Sriwijaya, Palembang 
  • Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh 
  • Universitas Tanjungpura, Pontianak 
  • Universitas Tarumanagara, Jakarta 
  • Universitas Trisakti, Jakarta

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurusan Teknik Sipil"

Post a Comment