Jurusan Teknik Industri

Teknik Industri adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari pengetahuan, pendekatan, pola pikir, prinsip-prinsip dan ketrampilan yang tetap berakar pada keilmuan teknik yaitu proses perancangan, memiliki ruang lingkup yang sangat luas, karena teknik industri tidak hanya bertumpu pada ilmu matematika dan fisika, tetapi juga ilmu sosial dan manajemen, yaitu mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, serta lingkungan menjadi suatu system dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi pabrik, seperti penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru, melalui rekayasa-rekayasa industri, desain produk, perancangan system kerja, perawatan mesin, system produksi, system pemasaran yang dijalankan perusahaan, keuangan, pengembangan sumber daya manusia hingga pada kualitas ke pelayanan purna jual terhadap produk tersebut.

Jurusan Teknik Industri

Berbeda dengan teknik lainnya, obyek yang dirancang bukan sesuatu yang konkret seperti jembatan, gedung, pesawat terbang, atau yang lain, melainkan apa yang disebut sebagai sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi dan informasi.

Konsentrasi

Sistem Manufaktur

Bidang ini mempelajari sistem produksi, perencanaan dan pengendalian produksi, pemodelan sistem, perancangan tata letak pabrik, dan ergonomi untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan informasi melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya.

Manajemen Industri

Bidang ini mempelajari manajemen keuangan, manajemen kualitas, manajemen inovasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, manajemen keputusan dan ekonomi teknik untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya manusia dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis. 

Sistem industri dan teknok ekonomi

Bidang ini mempelajari statistika industri, sistem loogistik, logika pemrograman, operational research, dan sistem basis data untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah. 

Prospek Kerja

Seorang alumni Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:

Bidang Produksi dan Penjaminan Mutu

Perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll. membutuhkan lulusan Teknik Industri untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas.

Bidang Sistem Informasi

Perusahaan seperti SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll. membutuhkan Staf IT dan staf dalam pemasangan sistem informasi. Lulusan Teknik Industri juga dapat membuka usaha di bidang software house. 

Bidang Pemasaran

Perusahaan seperti P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll. membutuhkan Market Research & Technical Sales.

Bidang Logistik

Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi seperti di P&G, PT Semen Gresik, dll.

Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan.

Bidang Keuangan

BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb.

Bidang Konsultasi Manajemen

Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb.

Jurusan Teknik Industri dengan Akreditasi A

Perguruan Tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Industri dengan Akreditasi A:
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Andalas
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Gunadarma

Baca Jurusan Bidang Teknik yang lain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurusan Teknik Industri"

Post a Comment