Jurusan Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro melahirkan lulusan yang sanggup merancang dan mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras dan selalu meningkatkan pengetahuan teknologi di bidang teknik elektro. Kontribusi yang dikembangkan Teknik Elektro, di antaranya adalah Kendali Otomatis, Robotik, Antena, Wireless Telekomunikasi, Programmable Logic Controller, Pengolahan Citra dan Machine Vision, Pengolahan Sinyal Digital, Elektronika, Renewable Energi, Audit Energi dan Perencanaan Pembangkit Tenaga Listrik.

Jurusan Teknik Elektro

Konsentrasi

Teknik Tenaga Listrik

Bidang ini fokus mempelajari konversi energi listrik, sistem transmisi dan distribusi, proteksi, perencanaan dan operasi sistem energi listrik. Teknik tenaga listrik adalah satu-satunya bidang yang secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain. Ini adalah spesialisasi tertua dari teknik tenaga listrik.

Teknik Elektromagnetik

Teknik elektromagnetik menjembatani aplikasi listrik sebagai pemindahan energi dan transfer informasi. Teknik elektromagnetik berkaitan dengan interaksi antara medan magnet dan medan listrik, serta arus listrik. Gambar di samping melukiskan spektrum gelombang elektromagnet yang berkisar dari gelombang frekuensi rendah hingga sinar gama. Dengan adanya teknik ini dimungkinkanlah telekomunikasi radio, televisi, komunikasi satelit, radar, dan semua bentuk komunikasi nirkabel lainnya.

Teknik Telekomunikasi

Bidang ini mempelajari perangkat keras dan perangkat lunak komputer, sistem logika, desain komputer, proses teknik, analisa dan desain software. Telematika adalah program tambahan yang mengacu pada kombinasi dari telekomunikasi, teknik komputer dan informatika. Teknik telekomunikasi berfokus pada rekayasa dan ilmu yang dibutuhkan untuk mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain.

Teknik Komputer

Teknik komputer mencakup perancangan sistem perangkat keras dan program komputer, baik itu mainframe yang digunakan dalam dunia perbankan, rekayasa, dan sains maupun komputer pribadi yang digunakan secara perorangan.

Teknik Elektronika

Bidang ini berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik, mempelajari komponen elektronika, integrasi circuit, aplikasi dan desain peralatan elektronik untuk industri dan biomedik.

Teknik kendali

Bidang ini fokus kepada sistem pengaturan, pengaturan optimal, sistem & robot digital.

Prospek Kerja

Seorang alumni Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:

Bidang Produksi dan Penjaminan Mutu

Perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll. membutuhkan lulusan Teknik Industri untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas.

Bidang Sistem Informasi

Perusahaan seperti SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll. membutuhkan Staf IT dan staf dalam pemasangan sistem informasi. Lulusan Teknik Industri juga dapat membuka usaha di bidang software house.

Bidang Pemasaran

Perusahaan seperti P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll. membutuhkan Market Research & Technical Sales.

Bidang Logistik

Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi seperti di P&G, PT Semen Gresik, dll.

Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan.

Bidang Keuangan

BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb.

Bidang Konsultasi Manajemen

Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb.

Jurusan Teknik Industri dengan Akreditasi A

Perguruan Tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Industri dengan Akreditasi A:
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Indonesia
  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurusan Teknik Elektro"

Post a Comment