Download Gambar Kerja Bangunan Silo

Silo adalah struktur yang digunakan untuk menyimpan bahan curah (bulk materials), seperti biji-bijian hasil pertanian dan pakan ternak, batu bara, semen, potongan kayu, dan serbuk gergaji. Ada tiga jenis silo yang banyak digunakan hingga saat ini, yaitu tipe menara, bunker, dan karung.

Download Gambar Kerja Bangunan Silo

Tempat untuk menyimpan bahan granular terdiri dari dua jenis utama silo dan bunker. Perbedaan penting antara keduanya adalah dalam perilaku bahan disimpan. Perbedaan perilaku dipengaruhi oleh geometri dan karakteristik dari bahan yang disimpan. Tekanan material pada dinding dan lantai biasanya ditentukan oleh salah satu metode untuk silo atau bunker.

Silo dan bunker dibuat dari bermacam-macam material struktur. Beton merupakan material yang sering dipakai untuk kedua struktur tersebut. Beton dapat memberikan perlindungan yang diperlukan untuk bahan disimpan, memerlukan sedikit perawatan, yang estetis, dan relatif bebas dari bahaya

Untuk memuat bahan curah ke dalam silo, diperlukan mekanisme elevator biji-bijian seperti konveyor (konveyor sabuk, konveyor udara, konveyor ember), auger, dan hopper tergantung pada jenis bahan curah yang dimuat. Pengisian dilakukan dari tingkat paling atas, sehingga yang masuk lebih dulu akan berada di bawah. Sedangkan pengambilan bahan curah dilakukan dari bawah.

Berdasarkan jenis struktur, Silo dibagi menjadi:

1. Silo menara
2. Silo bunker
3. Silo karung
4. Silo kotak

Berdasarkan bahan yang disimpan, Silo dibagi menjadi:

1. Silo biji-bijian
2. Silo semen
3. Silo penyimpan garam dan pasir

Proses perancangan untuk struktur silo memperhatikan 2 hal yakni dari segi fungsi dan struktural. Disain fungsi harus berdasarkan volume kapasitas silo, perlindungan yang tepat dari material yang disimpan, dan metode pengisian dan pengosongan silo. Pertimbangan struktur adalah stabilitas, kekuatan dan kontrol dari lebar retak dan lendutan. Beban-beban yang dipertimbangkan meliputi :

1. Beban mati dari berat sendiri struktur silo
2. Beban hidup sebagai berikut :
    - Gaya-gaya akibat material yang disimpan
    - Beban akibat pengisian dan pengosongan silo
    - Beban Angin
    - Beban gempa pada struktur dan material yang disimpan.
3. Beban tempratur dari material
Di posting ini tidak akan membahas perancangan silo secara detail. Tapi dapat di Download Gambar Kerja Bangunan Silo dalam format Autocad (9.89 MB)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download Gambar Kerja Bangunan Silo"

Post a Comment